MAKALAH ARSITEKTUR dan ORGANISASI KOMPUTER
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.LATAR
BELAKANG
Arsitektur Komputer membahas hal-hal yang
berkaitan dengan atribut-atribut yang terlihat atau yang dipertimbangkan oleh
pemogram dan yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.
Dengan kata lain arsitektur computer membahas masalah-masalah yang berkaitan
dengan fungsi komponen-komponen computer.
Contoh atribut
arsitektural adalah :
a. set
instruksi
b. representasi
data atau jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan jenis data (missal:bilangan,
karakter, dll)
c. Mekanisme
input/output (I/O)
d. Teknik
Pengalamatan memori
Organisasi
Komputer membahas bagaimana semua fungsi-fungsi computer tersebut dapat
diimplementasikan. Jadi, organisasi computer membahas hal-hal yang berkaitan
dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang mereliasasikan
spesifikasi arsitektural. Dengan kata lain, organisasi computer membahas
masalah-masalah yang berkaitan dengan struktur computer.
Sebagai
contoh apakah suatu computer yang memmiliki instruksiperkalian merupakan masalah
rancangan arsitektural. Apakah persoalan organisasional Dimana instruksi itu
akan diimplementasikan dengan unit pengali khusus atau dengan dengan suatu
mekanisme yang menggunakan pengulangan dari penambahan unit system merupakan
hal organisasional. Kepustusan organisasional mungkin didasarkan pada frekuensi
antisipasi dari penggunaan intruksi perkalian, kecepatan relative dari dua buah
pendekatan dan harga, serta ukuran fisik dari unit perkalian khusus.
Dalam
kelompok komputer yang disebut mikrokontroler, hubungan antara arsitektur dan organisasi
sangat erat. Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi tetapi
juga membawa dampak dalam pengenalan kekuatan dan arsitektur yang lebih
kompleks. Biasannyam ada kekurangan uang diharapkan kompatibelitas dari
generasi ke generasi pada mesin yanglebih kecil.sebaliknya, ada
ketergantungan antara keputusan
organisasi dan rancangan arsitektur.
1.2. RUMUSAN MASALAH
a. Apakah
yang dimaksud dengan organisasi dan arsitektur komputer?
b. Bagaimana
struktur komputer?
c. Bagaimana
fungsi dari suatu perangkat yang ada di komputer?
d. Bagaimana
evolusi yang terjadi pada komputer hingga sekarang?
e. Bagaimana
kinerja suatu komputer?
1.3. TUJUAN
a. Menjelaskan
tentang Organisasi & Arsitektur Komputer
b. Menjelaskan
tentang struktur dan fungsi komputer
c. Menjelaskan
tentang evolusi dan kinerja komputer
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1.
STRUKTUR DAN FUNGSI
Komputer
adalah sebuah sistem yang kompleks. Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap
komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat
digambarkan dalam diagram blok pada Gambar a. Sedangkan fungsi komputer
didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari
struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur tersebut
adalah sebagai berikut:
2.1.1.
Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat
untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat
yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal
input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa
data yang dimasukkan ke dalam system komputer, sedangkan maintenance input
berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan
demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk
memasukkan program. Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping
sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang
demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan kesistem komputer
dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. Terminal dapat
digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent
terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan
input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat
pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart
terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang
terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis
ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang
hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input
langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses,
Sedangkan
alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses
oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard),
pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics
tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data
reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing
camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak
langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu
plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum
diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media
magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
- Keyboard
Merupakan alat input standart yang diperlukan dalam setiap
PC. Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam konektor
dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT,
keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalah
keyboard wireless.
- Mouse
Mouse merupakan komponen input yang sanagt diperlukan jika
menggunakan sistem operasi grafis. Mouse lebih banyak eprkembangannya dari pada
keyboard. Muali dari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll, dan saat mouse
optik
2.1.2.
Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa
hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output
yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar),
suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,
sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses
selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:
- Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Contoh hard-copy devicce
- Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
- Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input. Sekarang media penyimpan yang berkembang adalah disk rive, hard disk, CD-ROM/CD-RW.
2.1.3.
I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke
luar sistem. I/O Port juga biasa disebut dengan bagian interface (antar muka)
karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
2.1.4.
CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian
fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat
pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program,
yang ada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro).
Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia
dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya
ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400
(buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2),
Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350,
Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya.
Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
2.1.5. Memori
a.
Random Access Memory (RAM)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input
akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat
diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh
pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
- Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
- Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.
- Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
- Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung
terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan
dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan
ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di
working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut
dipindahkan ke output storage.
b. Read Only Memory (ROM)
Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram
tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya
berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan
oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan
karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol
tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama
kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini
disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Cold
booting merupakan proses mengaktifkan sistem computer pertama kali untuk
mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi
hidup (on). Sedangkan warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan
program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga
tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini
biasanya dilakukan bila sistem computer macet, daripada harus mematikan aliran
listrik komputer dan menghidupkannya kembali. Instruksi-instruksi yang
tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware
dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak
boleh hilang atau rusak karena bila terjadi demikian, maka system komputer
tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik
pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa dibaca, tidak
dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile
supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM,
yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada didalamnya.
ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya yang mempunyai
jendela di atasnya. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable
Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak
dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only
Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta dapat diprogram
kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable
Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat
diprogram kembali.
2.1.6.
Data
Bus
Adalah jalur-jalur
perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat
tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawah 1 bit data, maka jumlah
saluran menetukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data
bus ini menetukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bldirectional,
artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus
biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 paralel.
2.1.7.
Address
Bus
Digunakan untuk
menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address
bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
2.1.8.
Control
Bus
Control Bus digunakan
untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. terdiri
dari 4 sampai 10 jalur paralel.
2.2.
EVOLUSI
DAN KINERJA KOMPUTER
Perkembangan komputer
meliputi peningkatan kecepatan
processor, penyusutan ukuran komponen, peningkatan
ukuran memori dan peningkatan
kapasitas serta kecepatan I/O.
SEJARAH
PERKEMBANGAN KOMPUTER
Berdasarkan perkembangan teknologi
komputer, maka perkembangannya dapat kita
begi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940.
b. Setelah tahun 1940.
2.2.1.
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses
pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia menggunakan
jari untuk mengenali dan
membilang nomor satu hingga sepuluh.
Selepas itu mereka mulaI mengenali
nomor-nomor yang lebih
besar tetapi masih menggunakan digit-digit dari 0 hingga
9. Ahli-ahli perniagaan dari negeri China, Turki dan
Yunani menggunakan abakus (sempoa) untuk melakukan
perhitungan. Pada tahun
1617, John Napier mengemukakan perhitungan
logaritma dan menemukan alat
yang disebut tulang
Napier (Napier’s bones).
Manusia juga menemukan
alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan
pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Blaise Pascal
mencipta mesin perhitungan mekanikal
pertama pada tahun 1642.
Mesin ini beroperasi
dengan menggerakkan gear pada
roda. Pascal juga telah
banyak menyumbang ide dalam
bidang matematika.
Dan awal mula komputer
yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles
Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara
mesin mekanik dan matematika, mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas
yang sama berulangkali tanpa kesalahan, sedang matematika membutuhkan repetisi
sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian
berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab
kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul
pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan
persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan
menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program, dapat melakukan kalkulasi serta mencetak
hasilnya secara otomatis, bisa menyelesaikan
masalah perhitungan matematika seperti
logaritma secara mekanikal dengan
tepat sampai dua
puluh digit. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh
tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer
general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage,
Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.
Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita
yang pertama. Pada tahun 1980, 4 Departemen Pertahanan Amerika Serikat
menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan
kepadanya. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip
kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan
cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika
Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh
tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu
sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Pada masa berikutnya,
beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974)
membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun
1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang
selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar
dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan
perhitungan.
Pada tahun 1903, John
V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang
menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan
pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang
menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau
salah. Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin
elektromakenikal yang disebut
dengan nama Mark I pada tahun 1937. Bentuknya besar dan berat serta mengandungi
kabel wayer yang panjang. Semua operasi
di dalam komputer dijalankan
oleh tenaga elektromagnetik.
Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam
bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik
pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber
pendanaan.
Bagaimanapun juga alat
pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke
dalam 4 golongan besar.
- Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
- Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
- Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
- Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Komputer yang kita
temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia
sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan
piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.
Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa
supermarketyang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang
menangani jutaanpanggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang
menghubungkan berbagai tempat di dunia.
2.2.2.
Setelah
tahun 1940
Perkembangan komputer setelah tahun
1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
1. Komputer
generasi pertama
Komputer generasi
pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia
menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung
vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Ia juga memerlukan
banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya
dan ukuran komputer generasi pertama ini
sangat besar . Komputer generasi
pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah
perhitungan dengan cepat dan tepat. Beberapa computer generasi pertama :
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )
NIAC
(Electronic Numerical Integrator And Computer), pada tahun 1946 dirancang dan
dibuat oleh John Mauchly dan John Presper Eckert di Universitas
Pennsylvania merupakan komputer digital
elektronik untuk kebutuhan
umum pertama di
dunia. ENIAC dibuat
di bawah lembaga Army’s Ballistics
Research Laboratory (BRL).
Sebuah badan yang
bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan tabel
lintasan peluru kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukan
oleh kurang lebih 200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk
menyelesaikan persamaan matematis peluru kendali yang memakan waktu lama. ENIAC mempunyai berat
30 ton, bervolume
15.000 kaki persegi, dan berisi
lebih dari 18.000 tabung vakum.
Daya listrik yang
dibutuhkan sebesar 140
KW. Kecepatan operasi mencapai 5.000
operasi penambahan per
detik. ENIAC masih
merupakan mesin desimal, representasi data bilangan dalam
bentuk desimal dan arimetiknya dibuat dalam bentuk desimal. Memorinya terdiri
atas 20 akumulator,
yang masing –
masing akumulatornya mampu menampung 10 digit desimal. Setiap
digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri atas 10 buah tabung vakum.
Kekurangan utama mesin
ini adalah masih
manual pemrogramannya, yaitu dengan
menyetel switch –
switch, memasang dan
menanggalkan kabel -
kabelnya. ENIAC selesai pada
tahun 1946 sejak
proposal diajukan tahun
1943, sehingga tahun
1946 merupakan gerbang bagi zaman baru komputer elektronik. ENIAC digunakan
oleh BRL untuk kepentingan
perang sampai dengan tahun1955.
Setelah itu, ENIAC tidak lagi digunakan. Komputer generasi ini sudah mulai
menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program
concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman.
Gambar
: ENIAC Computer
- EDVAC Computer.
Von Neumann
mencetuskan ide mengenai
konsep stored-program
(program penyimpanan) sebagai pengembangan dari
ENIAC. Idenya tersebut dipublikasikan dalam
bentuk proposal pada tahun
1945 dengan nama EDVAC
(Electronic Discrete Variable
Computer). Pada tahun 1946
Von Neumann bersama koleganya
mulai mendesain komputer baru
dengan konsep program
penyimpanan, dimana kemudian dikenal
dengan sebutan komputer IAS
(Computer of Institute for Advanced Studies) karena dikembangkan di
Computer of Institute for Advanced Studies.
Pada tahun 1952
IAS computer meskipun belum lengkap namun sudah memenuhi
kegunaannya sebagai komputer yang
berbasis konsep stored-program.
Gambar : EDVAC
Computer
Secara umum,
struktur dari komputer IAS adalah
sebagai berikut:
a)
Memori
utama, untuk menyimpan data dan intruksi.
b)
Arithmetic Logic Unit (ALU), untuk mengolah data binner
c)
Control
Unit, untuk melakukan interpretasi instruksi
- instruksi di dalam
memori sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut
d)
I/0,
untuk berinteraksi dengan lingkungan luar
- EDSAC COMPUTER
EDSAC
(Electonic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa
(merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
Gambar
: EDSAC Computer
- Komputer Komersial (Commersial Computer)
Tahun 1950
dianggap sebagai tahun
kelahiran industri komputer
dengan munculnya 2
buahperusahaan yang saat itu mendominasi pasar, yaitu Sperry dan
IBM. Tahun 1947,
Eckert dan Mauchly mendirikan
Eckert-Mauchly Computer Corporation untuk memproduksi komputer secara
komersial. Komputer pertama yang mereka hasilkan adalah UNIVAC I (Universal
Automatic Computer). UNIVAC I menjadi tulang punggung penghitungan sensus tahun
1950 di USA. UNIVAC II
yang memiliki kapasitas
memori lebih besar
dan kinerja yang
lebih baik diluncurkan tahun
1950. Mulai saat itu perusahaan telah mengembangkan produk – produk baru
yang kompatibel dengan
produk sebelumnya sehingga
pangsa pasar konsumen
mereka tetap terjaga menggunakan
produknya. IBM pun
tidak mau kalah
dengan mengeluarkan produk
mereka yang akhirnya mendominasi pangsa pasar bisnis saat
ini. Seri IBM pertama adalah seri 701 tahun 1953 dan terus berkembang menjadi
lebih baik hingga sekarang.
Gambar : UNIVAC
- Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1947,
Transistor ditemukan di Lab. Bell oleh
William Shockley . Penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan
komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan
komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya.
Dimana transistor memiliki
spesifikasi sebagai berikut:
ü Lebih
kecil
ü Lebih
ringan
ü Disipasi
daya lebih rendah
ü Solid
State device
ü Terbuat
dari silikon Silicon (Sand)
Yang
termasuk dalam komputer generasi kedua antara lain:
- IBM 7094
IBM 7094 memiliki konfigurasi sebagai berikut:
IBM 7094
dibuat dengan tujuan kemampuannya
semakin meningkat,
kapasitasnya semakin besar, dan
biayanya semakin kecil.
- DEC PDP 1
Digital Equipment Corporation (DEC) tahun
1957 meluncurkan komputer pertamanya
yaitu PDP 1
- Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor
dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas
yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal
komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
computer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
- Komputer Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan
pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale
Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk
memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah
keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel
4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan
seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan
kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC
dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh
kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga
seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection
dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan
orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi
dominasi perusahaan- perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan
tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat
umum. Komputer- komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket
piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang
paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.
Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen
pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981,
IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di
tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta
PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan
pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem
grafis pada10 komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang
berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa
sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di
tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan.
Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer
tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling
berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling
berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer
tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses
tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network,
LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Pada
komputer generasi ini sudah memanfaatkan mikroprocessors.
PERKEMBANGAN MICROPROCESSOR
1971 - 4004
1971 - 4004
- Microprocessor pertama
- Semua komponen CPU adalah single chip
- 4bit
Diikuti dengan munculnya 8008
tahun 1972
- 8bit
1974
– 8080
- Intel adalah mikroprosessor dengan kegunaan umum
- Komputer generasi kelima ( masa depan )
Banyak kemajuan di
bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer
generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam
sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute
for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar
yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain
bahwa keberhasilan proyek computer generasi kelima ini akan membawa perubahan
baru paradigma komputerisasi di dunia.
2.2.3.
PERANCANGAN KINERJA
Kinerja sebuah
sistem komputer merupakan
hasil proses dari
seluruh komponen komputer, yang melibatkan CPU, memori utama, memori
sekunder, bus, peripheral. Dari segi perkembangan program aplikasipun sangat
menakjubkan. Aplikasi dekstop yang hampir dimiliki semua sistem komputer saat
ini meliputi :
·
Pengolahan citra
·
Pengenalan voice atau pembicaraan
·
Video conference
·
Mulitimedia
·
Transfer data
Yang menakjubkan lagi
adalah dari sudut
pandang organisasi dan
arsitektur komputer saat ini
adalah mirip dengan
komputer IAS yang
dibuat sekitar 50
tahun lalu, namun perkembangan dan
kecanggihannya dapat kita
rasakan sekarang ini.
Peningkatan kinerja
mikroprosesor ini terus
berlanjut tidak kenal
henti dengan berbagai
teknik yang telah dikembangkan, diantaranya :
·
Branch Prediction, teknik dimana
prosesor memungkinkan mengamati terlebih dahulu di dalam software dan melakukan
prediksi percabangan atau kelompok instruksi yang akan dieksekusi
berikutnya.
·
Data Flow Analysis, prosesor akan
menganalisa instruksi – instruksi yang tidak tergantung pada hasil atau data
lainnya untuk membuat penjadwalan yang optimum dalam eksekusi.
·
Speculative Execution, dengan modal
prediksi cabang dan analisis data, maka prosesor dapat melakukan eksekusi spekulatif
terlebih dahulu sebelum waktunya.
Perkembangan mikroprosesor, dilihat dari
kapasitas operasi dan kecepatannya sangatlah pesat. Perkembangan mikroprosesor
ini sulit diimbangi oleh komponen lainnya semisal memori. Hal ini
menimbulkan masalah kesenjangan
dan kurang sinkronnya
operasi antar komponen. Organisasi dan arsitektur komputer
yang handal sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan seperti ini.
Terdapat beberapa metode untuk mengatasi
masalah perbedaan kecepatan operasi antara mikroprosesor dengan komponen
lainnya, diantaranya :
·
Meningkatkan jumlah bit yang dicari pada suatu saat tertentu dengan melebarkan DRAM dan
melebarkan lintasa sistem busnya.
·
Mengubah
antarmuka DRAM sehingga lebih
efisien dengan menggunakan teknik
cache
atau pola buffer lainnya pada keping DRAM.
·
Meningkatkan bandwidth interkoneksi
prosesor dan memori dengan penggunakan hierarki bus – bus yang lebih cepat
untuk buffering dan membuat struktur aliran data.
Bidang
lain yang menjadi
fokus kajian peningkatan
kinerja sistem komputer
adalah penanganan perangkat –
perangkat I/O. Masalah
yang terjadi hampir
sama dengan memori. Teknik penyelesaian yang digunakan
umumnya adalah teknik buffering dan caching.
Target yang ingin dicapai dalam
peningkatan kinerja adalah tercapainya keseimbangan proses operasi antar
komponen – komponen penyusun komputer sehingga menghasilkan kinerja komputer
yang tinggi.
Contoh
Evolusi Komputer
Evolusi
komputer yang akan
dijelaskan adalah kelompok
komputer Pentium Intel
dan PowerPC. Alasannya adalah komputer
Pentium Intel mampu
mendominasi pasaran dan
secara teknologi menggunakan rancangan
CISC (complex instruction
set computers) dalam arsitekturnya. Sedangkan PowerPC
merupakan kelompok komputer yang menerapkan
teknologi RISC (reduced instruction set computers). Detail tentang CISC
dan RISC akan dijelaskan dalam matakuliah Arsitektur CPU.
Pentium
Pentium merupakan produk
Intel yang mampu mendominasi pasaran
prosesor hingga saat
ini. Generasi demi generasi diluncurkan ke pasaran dengan kenaikan unjuk
kerja yang menakjubkan dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Berikut evolusi
prosesor keluaran Intel dari prosesor sederhana sampai prosesor keluaran saat
ini:
·
8080, keluar tahun 1972 merupakan mikroprosesor pertama
keluaran Intel dengan mesin 8 bit dan
bus data ke
memori juga 8
bit. Jumlah instruksinya
66 instruksi dengan
kemampuan pengalamatan 16KB.
·
8086,
dikenalkan tahun 1974
adalah mikroprosesor 16 bit
dengan teknologi cache
instruksi. Jumlah instruksi mencapai 111 dan kemampuan pengalamatan ke
memori 64KB.
·
80286,
keluar tahun 1982
merupakan pengembangan dari
8086, kemampuan pengalamatan mencapai 1MB dengan 133
instruksi.
·
80386, keluar tahun 1985 dengan mesin 32
bit. Sudah mendukung sistem multitasking. Dengan mesin 32 bitnya, produk ini
mampu menjadi terunggul pada masa itu.
·
80486,
dikenalkan tahun 1989.
Kemajuannya pada teknologi
cache memori dan
pipelining instruksi. Sudah dilengkapi dengan math co-processor.
·
Pentium, dikeluarkan tahun 1993,
menggunakan teknologi superscalar sehingga memungkinkan eksekusi instruksi
secara paralel.
·
Pentium Pro, keluar tahun 1995.
Kemajuannya pada peningkatan organisasi superscalar untuk proses paralel,
ditemukan sistem prediksi cabang, analisa aliran data dan sistem cache memori
yang makin canggih.
·
Pentium
II, keluar sekitar
tahun 1997 dengan
teknologi MMX sehingga mampu
menangani kebutuhan multimedia. Mulai Pentium II telah menggunakan teknologi
RISC.
·
Pentium III, terdapat kemampuan
instruksi floating point untuk menangani grafis 3D.
·
Pentium IV, kemampuan floating point dan
multimedia semakin canggih.
·
Itanium, memiliki kemampuan 2 unit
floating point, 4 unit integer, 3 unit pencabangan, internet streaming, 128
interger register.
PowerPC
Proyek sistem RISC diawali tahun 1975
oleh IBM pada komputer muni seri 801. Seri pertama ini hanyalah prototipe, seri komersialnya adalah PC RT yang dikenalkan tahun 1986. Tahun 1990 IBM mengeluarkan generasi
berikutnya yaitu IBM RISC
System/6000 yang merupakan mesin
RISC superskalar workstation.
Setelah ini arsitektur
IBM lebih dikenal
sebagai arsitektur POWER.
IBM
menjalin kerja sama
dengan Motorola menghasilkan
mikroprosesor seri 6800, kemudian Apple
menggunakan keping Motorola
dalam Macintoshnya. Saat
ini terdapat 4 kelompok PowerPC, yaitu :
·
601,
adalah mesin 32 bit merupakan
produksi masal arsitektur
PowerPC untuk lebih dikenal masyarakat.
·
603, merupakan komputer desktop dan
komputer portabel. Kelompok ini sama dengan seri 601 namun lebih murah untuk
keperluan efisien.
·
604, seri komputer PowerPC untuk
kegunaan komputer low-end server dan komputer desktop.
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Komputer PC terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian
input, proses, dan output. Setiap bagian terdiri dari beberapa komponen yang
saling mendukung. Setiap komponen pada PC mempunyai spesifikasi tertentu dan
kegunaan/fungsi khusus. Evolusi computer telah ditandai dengan peningkatan
kecepatan prossesor, pengurangan ukuran
komponen, peningkatan kapasitas memori, dan peningkatan kapasitas dan kecepatan
I/O. Satu factor yang berpengaruh besar dalam dalam peningkatan kecepatan
prossesor adalah dengan peyusutan ukuran komponen prossesor mikro, hal ini
mengurangi jarak antara komponen dan karenanya dapat meningkatkan kecepatan.
Bagaimanapun, keuntungan sebenarnya dalam kecepatan terakhir ini telah datang
di organisasi prossesor termasuk penggunaan yang berat dalam pipelining dan
teknik eksekusi pararel dan penggunaan teknik eksekusi yang bersifat
spekulasi yang mengakibatkan eksekusi berikutnya bersifat sementara yang mungkin diperlukan.
Selanjutnya didalam suatu permasalahan kritis dalam merancang system computer adalah
menjaga keseimbangan kinerja dar berbagai unsur-unsur,sehingga menghasilkan
kinerja dalam datu bidang tidaklah
mempengaruhi suatu bidang yang lain. Kinerja sebuah sistem
komputer merupakan hasil
proses dari seluruh
komponen komputer, yang
melibatkan CPU, memori utama,
memori sekunder, bus,
peripheral. Dari segi
perkembangan program aplikasipun sangat menakjubkan.
3.2.Saran
Didalam
penulisan makalah tentang komputer ada baiknya menggunakan rujukan yang paling
baru, karena sifat teknologi setiap harinya bahkan setiap detiknya mengalami
perubahan. Dengan bahan rujukan yang
terbaru diharapkan informasi-informasi yang didapat juga informasi yang
terbarukan.
DAFTAR PUSTAKA
- Kadir Abdul dan Terra Ch.Triwahyuni,Pengenalan Teknologi Informasi,Andi Riyanto Yogyakarta :2005.
- Stallings William, Organisasi & Arsitektur Komputer Edisi 6, 2004, PT.INDEKS Kelompok GRAMEDIA.
- Naskan, S.Kom. Pertemuan II - Evolusi dan Kinerja Komputer, Organisasi & Arsitektur Komputer,2009.
- http://ratnaroom.files.wordpress.com/2008/04/evolusi-dan-kinerja-komputer-orkom11.pdf
- http://elesys.fsaintek.unair.ac.id/admin/makalah/computer-history.pdf
- http://www.masaguz.com/search/EVOLUSI+DAN+KINERJA+MIKROPROSESOR
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
15 komentar:
Informasi lengkap tentang arsitektur komputer, makalah dan penjelsan gambar tentang arsitektur komputer http://mycomputerarchitecture.blogspot.com/
Makalah tentang Organisasi dan Arsitektur Kmputer :
http://blogfirman7.blogspot.co.id/2016/08/makalah-organisasi-dan-arsitektur.html
izin copy untuk tugas kuliah
MasyaaAllah..
syukran kak. Jazaakillahu khair
izin copy yah
izin copy untuk tugas kuliah mas/mbak
IZIN CPY UNTUK TUGAS KULIAH
Materi Arsitektur Komputer terlengkap, dapat dijumpai disini : http://mycomputerarchitecture.blogspot.co.id/
maaksih banyak min
solder uap
Izin Copy untuk tugas kuliah min, makasih banyak
maaf saya gak ijin :V
Izin copy untuk tugas smk, wkwkwkw
Iya min ambek aja
Enak aja maen ambek ambek, sini mana duit kos kamu, kamu belum bayar uang kos 7 bulan!!!! , awas kamu ya Asepp!!
Kenapa ga izin??
Posting Komentar